PROFESIONAL SINERGIS DAN MILITAN UNTUK INDONESIA


Lebaran 2022, Kantor SAR Medan Turunkan 149 Personil Siaga SAR


Pihak Kantor SAR Medan memastikan diri ikut terlibat dalam upaya mendukung kelancaran mudik Lebaran 2022.

Hal ini mereka lakukan dengan menurunkan 149 Personil Siaga SAR yang dapat diturunkan pada situasi yang dibutuhkan.

Apel kesiapan personil ini digelar di Lapangan Utama Kantor SAR Medan yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor SAR Medan, Toto Mulyono. Toto membacakan amanat dari Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas).

"Untuk mendukung pelaksanaan angkutan lebaran, Basarnas akan melaksanakan siaga SAR Khusus dalam rangka mengantisipasi kondisi darurat kecelakaan transportasi secara profesional dan bersinergi dengan kementerian Perhubungan, Korlantas Polri, BMKG, Pemerintah setempat, pengelola jalan Tol, RS Rujukan dan Kementerian/Lembaga terkait untuk mewujudkan pelayanan SAR yang optimal kepada para pemudik, dengan Prinsip Quick Responden SAR. Untuk itu Tim siaga SAR Khusus beserta Alut akan ditempatkan di lokasi-lokasi strategis dan rawan kecelakaan, seperti di pelabuhan, penyeberangan, jalan tol, bandar udara, terminal bis, serta daerah wisata. Disamping itu Basarnas juga menempatkan Petugas siaga Liaison Officer (LO) di Posko Terpadu Kementerian Perhubungan," ujarnya.

Ia menjelaskan 149 Personil Siaga SAR terbagi atas Kantor SAR Medan sebagai posko induk, di RB 203 Belawan, KN SAR SANJAYA Bertempat di Dermaga TPI Panton Tanjung Balai Asahan, RB 301 Tanjung Balai Asahan, KN SAR 412 di Pelabuhan Ajibata Parapat, Pos SAR Tanjung Balai Asahan, dan Pos SAR Parapat Danau Toba. Sehingga dengan kekuatan personil dan Alut yang sudah kita siapkan, maka Kantor SAR Medan siap dalam rangka mendukung pelaksanaan siaga SAR Khusus Lebaran Idul Fitri Tahun 2022 yang dilaksanakan H-7 hingga H+7 Lebaran," pungkasnya.



Kategori Berita Kansar , General Berita .
Pengunggah : medanadmin
25 April 12:00 WIB