PROFESIONAL SINERGIS DAN MILITAN UNTUK INDONESIA


ABK yang Hilang Usai Tabrakan 2 Kapal di Selat Malaka Ditemukan


Anak buah kapal (ABK) KM Cenderawasih, Rudy (32) yang hilang usai kapal yang ditumpangi terjadi tabrakan dengan kapal tanker di perairan Selat Malaka ditemukan. Usai dievakuasi, korban diserahkan ke pihak keluarga.
"ABK KM Cenderawasih yang hilang di perairan Selat Malaka akhirnya ditemukan tim SAR gabungan," kata Kepala Kantor Basarnas Medan Budiono, Selasa (10/1/2023).

Budiono mengatakan Rudy yang merupakan warga Batu Bara itu hilang di perairan Selat Malaka pasca kapal yang dia tumpangi bertubrukan dengan kapal tanker beberapa waktu lalu. Setelah dilakukan pencarian, pada Pukul 20.10 WIB tadi berhasil ditemukan.
"Korban yang berprofesi sebagai juru masak di Kapal KM Cenderawasih tersebut ditemukan sekitar pukul 20.10 WIB di sekitar perairan Selat Malaka oleh kapal KM Deli Jaya yang pada saat itu sedang melintas di sekitar lokasi," ujar Budiono.


Setelah itu, korban langsung dievakuasi dan dibawa menuju Belawan. Selanjutnya, korban diserahkan ke pihak keluarganya.
Selain itu, peristiwa tabrakan antar kapal di lautan lepas terjadi pada Jumat (6/1/2023). Pada pukul 00.30 WIB kapal ikan KM Cenderawasih hendak berlayar menuju perairan Selat Malaka untuk mencari ikan. Pada saat perjalanan, gelombang cukup tinggi terjadi hingga nahkoda kapal memutuskan untuk berhenti dan lego jangkar.

Naas, pada saat kondisi kapal sedang lego jangkar, tiba-tiba kapal tanker yang tidak diketahui namanya langsung menabrak kapal KM. Cenderawasih hingga karam.
Para ABK kapal KM. Cenderawasih berjumlah 11 orang langsung berhamburan ke laut. 10 orang ABK berhasil menyelamatkan diri namun sang korban hilang di tengah laut.
Berdasarkan kejadian tersebut nahkoda kapal langsung melaporkan kejadian tersebut ke pemilik kapal dan diteruskan ke Pos SAR Tanjung Balai Asahan untuk dilakukan pencarian.



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan kapal .
Pengunggah : medanadmin
11 January 2:30 WIB